TUGAS 1

PERBEDAAN INTERPLETER DAN COMPILER 


penjelasan dari gambar:

Compiler adalah program yang menerjemahkan kode bahasa pemrograman dalam kode mesin,
atau bisa disebut juga program khusus  yang memproses pernyataan yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu dan mengubahnya menjadi bahasa mesin, ke sebuah "program biner" atau "kode obyek”. Kode objek dapat dieksekusi atau dijalankan langsung pada mesin di mana ia dikompilasi
Compiler menghasilkan kode baik dioptimalkan yang umumnya menjalankan kode lebih cepat dan dikompilasi yang mandiri dan dapat dijalankan pada platform dimaksudkan mereka tanpa kehadiran compiler.Sebuah compiler mengambil kode program yang telah ditulis dan mengolahnya menjadi kode mesin asli. Setelah proses ini selesai, objek akan berakir dengan dikompilasi, yang mana kompilasi tersebut  dapat diproses lebih lanjut menjadi sebuah program executable lengkap. Program ini disusun terpisah dari kode sumber yang masih dimiliki sepenuhnya dalam mesin-kode asli. Karena sudah sulit diatur dengan petunjuk itu harus dilakukan menggunakan program kompilasi yang cepat, akan  tetapi program ini tidak dapat diubah tanpa mengkompilasi ulang .

Keuntungan
terbesar dari ini adalah bahwa terjemahan dilakukan sekali saja dan sebagai proses terpisah. Program yang dijalankan sudah diterjemahkan ke dalam kode mesin sehingga jauh lebih cepat dalam eksekusi.
 Kerugiannya adalah bahwa Anda tidak dapat mengubah program tanpa kembali ke kode sumber asli, mengedit itu dan mengkompilasi ulang (meskipun untuk pengembang perangkat lunak profesional ini lebih dari keuntungan karena berhenti kode sumber disalin)Contoh saat kompiler adalah Visual Basic, C, C + +, C #, Fortran, Cobol, Ada, Pascal, dan sebagainya.

-Compiler memeriksa sintaks program di mana sebagai Interpreter
memeriksa kata kunci dari sebuah prog.

 -Compiler cek pada satu waktu semua prog tersebut, tetapi juru
memeriksa secara bersamaan dalam eidtor tersebut.

-Interpretor menyediakan kode warna untuk prog dan membantu
di debug diri saat menulis sebuah prog.

-Sebuah compiler mengkompilasi kode sumber dalam bentuk yang dapat
digunakan secara langsung oleh komputer. Pada waktu menjalankan kode ini untuk
menjalankan program yang sudah ada.

Karakteristik Compiler:
     menghabiskan banyak waktu menganalisis dan pengolahan program
     executable yang dihasilkan adalah beberapa bentuk mesin-spesifik kode biner
     perangkat keras komputer menafsirkan (mengeksekusi) kode yang dihasilkan
     pelaksanaan program cepat





Interpreter adalah sebuah perangkat lunak yang dapat mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) kemudian menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut. Proses ini sangat berbeda dengan compiler, dimana pada compiler, hasilnya sudah langsung berupa satu kesatuan perintah dalam bentuk bahasa mesin, dimana proses penterjemahan dilaksanakan sebelum program tersebut dieksekusi

Interpreter  menerjemahkan kode satu baris pada satu waktu, melaksanakan setiap baris seperti yang "diterjemahkan," banyak cara penerjemah bahasa asing akan menerjemahkan buku, dengan menerjemahkan satu baris pada satu waktu. Penafsir lakukan menghasilkan kode biner, tetapi kode yang pernah disusun menjadi satu kesatuan program.
Penafsir menawarkan programmer beberapa keuntungan yang kompiler tidak. Bahasa ditafsirkan lebih mudah untuk belajar dari bahasa dikompilasi, yang sangat bagus untuk memulai programmer. Penerjemah memungkinkan programmer segera mengetahui kapan dan di mana masalah yang ada dalam kode, program dikompilasi membuat menunggu programmer sampai program selesai.
Interpreter sehingga dapat lebih mudah digunakan dan menghasilkan hasil lebih cepat, namun kode sumber dari bahasa ditafsirkan tidak dapat berjalan tanpa penerjemah.

karakteristik Interpreter:
     waktu yang relatif sedikit yang dihabiskan menganalisis dan pengolahan program
     kode yang dihasilkan adalah semacam kode menengah
     kode yang dihasilkan ditafsirkan oleh program lain
     eksekusi program relatif lambat

MACAM MACAM BAHASA PEMROGRAMAN

  Sebelum saya menjelaskan apa itu bahasa pemrograman komputer, alangkah baik,nya sahabat blogger mengenal bahasa pemrograman terlebih dahulu,
Seperti kita manusia berkomunikasi satu sama lain dalam bahasa yang berbeda seperti Urdu, Prancis, Punjabi dan Arab dll Demikian pula untuk berkomunikasi dengan komputer kita harus menggunakan bahasa tertentu dan untuk tujuan ini ratusan bahasa telah berkembang di mana beberapa dari mereka memiliki memperoleh reputasi internasional. Bahasa C adalah salah satunya,. Bahasa dapat menjadi kategori luas ke dalam tiga kategori.


bahasa pemrograman komputer adalah , salah satu dari berbagai bahasa untuk mengekspresikan satu set instruksi rinci untuk sebuah komputer digital. Instruksi tersebut dapat dieksekusi secara langsung ketika mereka berada dalam bentuk produsen-spesifik numerik komputer yang dikenal sebagai bahasa mesin, setelah proses substitusi sederhana ketika disajikan dalam bahasa assembly yang sesuai, atau setelah terjemahan dari beberapa bahasa "tingkat tinggi". Meskipun ada lebih dari 2.000 bahasa komputer, relatif sedikit banyak digunakan.

Mesin dan perakitan bahasa yang "tingkat rendah," memerlukan programmer untuk mengelola eksplisit semua fitur istimewa sebuah komputer penyimpanan data dan operasi. Sebaliknya, bahasa tingkat tinggi melindungi programmer dari mengkhawatirkan tentang itu,



 Ada tiga jenis dasar dari bahasa pemrograman komputer.
 Mereka adalah mesin, perakitan dan tingkat tinggi. Masing-masing jenis bahasa pemrograman yang dijelaskan di bawah ini.

Bahasa mesin

Bahasa mesin adalah satu-satunya bahasa yang komputer mengerti. Setiap pernyataan dalam sebuah program bahasa mesin adalah urutan bit. Setiap bit mungkin diatur ke 0 atau 1. Seri bit merupakan instruksi yang komputer dapat mengerti. Misalnya, nomor 455 diwakili oleh urutan bit 111.000.111. Bahasa mesin adalah bahasa pemrograman tingkat rendah. Hal ini mudah dipahami oleh komputer tetapi sulit untuk dibaca oleh orang-orang. Inilah sebabnya mengapa orang menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Program ditulis dalam bahasa tingkat tinggi yang disusun dan / atau ditafsirkan ke dalam bahasa mesin sehingga komputer dapat mengeksekusi mereka.

Bahasa assembly


Bahasa assembly adalah representasi dari bahasa mesin. Dengan kata lain, setiap instruksi bahasa assembly diterjemahkan ke instruksi bahasa mesin. Keuntungan dari bahasa assembly adalah bahwa instruksi dapat dibaca. Misalnya, laporan bahasa assembly seperti MOV dan ADD lebih dikenal daripada urutan 0s dan 1s. Meskipun laporan bahasa assembly dapat dibaca, laporan masih tingkat rendah. Kelemahan lain dari bahasa assembly adalah bahwa hal itu tidak portabel. Dengan kata lain, program bahasa assembly yang spesifik untuk perangkat keras tertentu. Program bahasa assembly untuk Mac tidak akan bekerja pada PC. Tapi ini bisa menjadi keuntungan bagi programmer yang menargetkan platform tertentu dan perlu kontrol penuh atas perangkat keras.

Bahasa tingkat tinggi

Bahasa tingkat tinggi adalah apa yang kebanyakan programmer digunakan.

 Bahasa seperti C + + dan Java semua bahasa tingkat tinggi. Salah satu keuntungan dari bahasa tingkat tinggi adalah bahwa mereka sangat mudah dibaca. Laporan dalam bahasa adalah seperti bahasa Inggris-.
 Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan pemahaman dasar tentang apa program Java adalah melakukan dengan hanya membaca kode sumber program. Bahasa tingkat tinggi menggunakan kata-kata bahasa Inggris sebagai pernyataan. Loop dalam program Java ditunjukkan dengan kata-kata untuk, sementara dan lakukan. Untuk mendapatkan waktu sistem saat ini (ms) di Jawa Anda akan memanggil System.currentTimeMillis (). Keuntungan lain dari bahasa tingkat tinggi adalah bahwa mereka kurang membosankan untuk digunakan. Sebuah pernyataan tunggal dalam bahasa tingkat tinggi dapat menerjemahkan ke dalam laporan bahasa mesin banyak. Akhirnya, bahasa tingkat tinggi biasanya portabel.

Kelemahan dari bahasa tingkat tinggi adalah bahwa mereka biasanya kurang kuat dan kurang efisien. Karena pernyataan yang tingkat tinggi, Anda tidak dapat kode pada tingkat bit cara Anda bisa dengan bahasa assembly. Bahasa tingkat tinggi juga perlu untuk dikompilasi dan / atau ditafsirkan ke dalam bahasa mesin sebelum eksekusi.

Itu adalah gambaran dasar dari tiga jenis dasar dari bahasa pemrograman. Sampai orang dapat memproses informasi seperti komputer, kita akan meninggalkan bahasa mesin untuk komputer dan menggunakan bahasa tingkat tinggi pemrograman gantinya.



                                                                TIPE DATA
  

Sebuah tipe data dalam bahasa pemrograman adalah sekumpulan data dengan nilai memiliki karakteristik yang telah ditentukan. Contoh tipe data adalah: integer, floating point unit angka, karakter, string, dan pointer. Biasanya, sejumlah tipe data tersebut datang dibangun ke bahasa. Bahasa biasanya menentukan rentang nilai untuk tipe data tertentu, bagaimana nilai-nilai diproses oleh komputer, dan bagaimana mereka disimpan.

Dengan pemrograman berorientasi obyek, programmer dapat membuat tipe data baru untuk memenuhi kebutuhan aplikasi. Seperti latihan yang dikenal sebagai "abstraksi data" dan hasilnya adalah kelas baru data. Seperti kelas dapat mengambil manfaat dari "built-in" tipe data seperti integer jumlah dan karakter. Sebagai contoh, kelas dapat diciptakan yang akan abstrak karakteristik order pembelian. Urutan pembelian tipe data akan berisi data lebih mendasar jenis angka dan karakter dan juga dapat mencakup benda lain didefinisikan oleh kelas lain. Urutan pembelian tipe data akan memiliki semua layanan yang melekat bahwa bahasa pemrograman yang disediakan untuk built-in tipe data.

Bahasa yang menyisakan sedikit ruang bagi programmer untuk menentukan tipe data mereka sendiri dikatakan bahasa kuat-mengetik.



Bahasa  C memiliki konsep 'tipe data' yang digunakan untuk mendefinisikan variabel sebelum penggunaannya. Definisi variabel akan menetapkan penyimpanan untuk variabel dan menentukan jenis data yang akan diselenggarakan di lokasi.

Nilai dari variabel dapat diubah setiap saat.

C memiliki dasar berikut built-in datatypes.

       int

       float

       double

       char


Harap dicatat bahwa tidak ada tipe data boolean. C tidak memiliki pandangan tradisional tentang perbandingan logis, tapi thats cerita lain.
int - tipe data

tipe data int digunakan untuk menentukan angka integer.

     {
         int Count;
        Count = 5;

     }

 
float - tipe data
 

tipe data float digunakan untuk menentukan angka floating point.


     {
         float Miles;
        Miles = 5.6;

     }
double - tipe data
 

tipe data double digunakan untuk menentukan nomor BIG floating point. Ini cadangan dua kali penyimpanan untuk nomor. Pada PC ini mungkin menjadi 8 byte.


     {
         double Atoms;
        Atoms = 2500000;

     }

char - tipe data

Char mendefinisikan karakter.

     {
          char Letter;
        Letter = 'x';

     }




  Apakah IDE dalam C++ Dan  macam macam IDE?




IDE (Integrated Drive Electronics) adalah sistem built-in komputer PC menggunakan untuk menghubungkan drive ke komputer.  

Mungkin Anda  juga mendengarnya disebut ATA (Advanced Technology Attachment)-mereka berarti hal yang sama.satu set alat yang kuat di Suite Alat Momentics QNX. IDE ini didasarkan pada platform Eclipse dikembangkan oleh Eclipse.org, sebuah konsorsium terbuka vendor alat (termasuk QNX Software Systems)


Sebuah Integrated Development Environment (IDE) juga dikenal sebagai Lingkungan Desain Terpadu adalah aplikasi perangkat lunak yang menyediakan coding, editing dan debugging alat untuk membuat aplikasi desktop, aplikasi web, aplikasi java berbasis dan banyak lagi. Dalam posting ini, kami telah mengumpulkan beberapa berguna dan harus bebas IDE untuk programmer dan pengembang web.

Jangan bingung Hard Terpadu Electronics-IDE dengan Integrated Development Environment, yang juga dikenal sebagai IDE. Mereka adalah dua hal yang berbeda. Fitur dasar dari sebuah IDE meliputi:

    Sebuah editor kode teks / sumber - Untuk mengedit scripting yang berbeda dan bahasa pemrograman seperti PHP, Phyton.
    Sebuah compiler dan / atau interpreter - Untuk mengubah kode sumber ke dalam bahasa komputer.
    Membangun alat otomatisasi - Untuk mengotomatisasi tugas bahwa pengembang menggunakan secara teratur.
    Sebuah debugger - Untuk memeriksa kesalahan dan kesalahan.

Beberapa IDE yang ditargetkan untuk pengembangan web juga mencakup FTP





Jika Anda bertanya-tanya bagaimana sebuah IDE akan menguntungkan Anda, di sini adalah contoh. Katakanlah Anda membuat aplikasi web menggunakan Java atau PHP. Anda harus pergi bolak-balik antara Firebug, editor teks dan FTP, Firebox. Anda kehilangan waktu dalam beralih antara aplikasi yang berbeda. IDE mengisi kesenjangan ini dengan menjaga Anda tetap fokus pada pekerjaan Anda daripada beralih antara aplikasi yang berbeda. Anda akan mendapatkan fitur dari empat atau lima aplikasi yang berbeda dalam satu. Jika Anda ingin masuk ke hardcore coding IDE adalah suatu keharusan. Jadi, di sini kami telah memenuhi daftar IDE gratis yang Anda dapat mencoba dan menggunakan. Kami juga akan mencakup beberapa software IDE dibayar di bagian bawah posting.
WebScripter (Mac)
WebScripter adalah IDE untuk programmer web dengan antarmuka yang bagus dan bersih yang mencakup kode editor, FTP, debugger dan lebih banyak fitur.
Aptana Studio (Windows / Mac / Linux)
Aptana adalah IDE terkenal di kalangan programmer dan pengembang. Selain fitur yang biasa Anda juga dapat menambahkan plugin, yang membuat Aptana harus memiliki alat untuk pengembang.
Qt Creator (Windows / Mac / Linux)


IDE menggabungkan ke dalam kerangka Eclipse beberapa QNX khusus plugin yang dirancang untuk membangun proyek-proyek untuk sistem target menjalankan QNX Neutrino RTOS. Suite alat menyediakan, tunggal konsisten, lingkungan terintegrasi, terlepas dari platform host yang Anda gunakan (Windows atau Linux). Plugin dari vendor yang paling harus bekerja dalam kerangka Eclipse dengan cara yang sama.
IDE untuk membangun sistem embedded

IDE menyediakan, koheren mudah digunakan lingkungan kerja untuk membangun aplikasi Anda. Jika Anda telah menggunakan IDE sebelum, maka Anda sudah memiliki ide yang baik dari kemudahan dan kekuatan semacam ini toolset dapat menawarkan.

Melalui serangkaian jendela terkait, IDE menyajikan berbagai cara melihat dan bekerja dengan semua komponen yang terdiri dari sistem anda. Dalam hal tugas yang Anda dapat melakukan, toolset memungkinkan Anda:

    
mengatur sumber daya Anda (proyek, folder, file)
    
sunting sumber
    
berkolaborasi dalam proyek dengan tim
    
kompilasi, jalankan, dan debug program Anda
    
membangun citra OS dan flash untuk sistem Anda tertanam
    
menganalisa dan menyempurnakan kinerja sistem anda

Catatan: IDE ini tidak mengharuskan Anda meninggalkan QNX Neutrino standar alat dan struktur Makefile. Sebaliknya, hal itu bergantung pada alat-alat tersebut. Jika Anda terus membangun program di baris perintah, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari alat IDE yang unik dan kuat, seperti alat Analisis Sistem QNX dan QNX System Profiler, yang secara harfiah bisa menunjukkan, dalam dinamis, cara grafis, apa sistem Anda lakukan.
Perspektif

Perspektif adalah pengaturan tugas-berorientasi jendela meja kerja.

Misalnya, jika Anda debugging, Anda dapat menggunakan perspektif Debug dikonfigurasikan, yang menyiapkan IDE untuk menunjukkan semua alat yang berhubungan dengan debugging. Jika Anda ingin bekerja dengan unsur-unsur dan alat-alat yang berhubungan dengan profil, buka Application QNX Profiler perspektif.

Anda dapat menyesuaikan perspektif dengan menambahkan atau menghapus elemen. Misalnya, jika Anda ingin memiliki profil alat tertentu yang tersedia setiap kali Anda debugging, Anda dapat menambahkan unsur-unsur ke perspektif Debug.



MACAM-MACAM IDE
Berikut ini beberapa macam-macam iDE yang sering digunakan :

    Basic: MS Visual Basic
    C: MS Visual C++
    Delphi: Borland Delphi
    Java: IntelliJ IDEA, Eclipse, NetBeans
    Pascal: Turbo Pascal



Comments

Popular posts from this blog

Kontrakan di surabaya timur

Aplikasi Pengunci Android Terbaik